Selamat Hari Nelayan 6 April 2020

Peringatan Hari Nelayan tahun ini tidak biasa, kita dituntut untuk melakukan pembatasan “interaksi-fisik” sebagai tangung jawab bersama memutus penyebaran wabah Covid-19 yang melanda dunia, termasuk Indonesia.

Assalaamu’alaikum Wr Wb,
Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.

Saudara/i Pengurus KNTI, anggota dan keluarga besar nelayan di mana pun berada,
Selamat Hari Nelayan 6 April 2020.

Peringatan Hari Nelayan tahun ini tidak biasa, kita dituntut untuk melakukan pembatasan “interaksi-fisik” sebagai tangung jawab bersama memutus penyebaran wabah Covid-19 yang melanda dunia, termasuk Indonesia.

Kondisi ini pasti tidak mudah buat semua, apalagi sebagian besar nelayan Indonesia mengandalkan pendapatan harian: oneday fishing. Tanpa melaut, tanpa penghasilan. Kami mendorong adanya skema khusus untuk nelayan menghadapi Covid-19 dengan mengintegrasikan skema pembelian produk perikanan yang dihasilkan nelayan (di hulu) dengan penguatan sistem logistik ikan nasional. Dengan begitu, fungsi negara dalam menjaga daya beli masyarakat, melindungi ekonomi keluarga nelayan, menjaga ketersediaan pasokan protein, hingga menguatkan ekonomi perikanan nasional di tengah wabah Covid-19 akan tetap terjaga dan berjalan baik.

Disinilah solidaritas sosial kita perlu ditingkatkan sembari berinovasi untuk tetap eksis. Salah satu inovasi yang perlu kita segerakan adalah mendorong digitalisasi usaha perikanan, baik hulu hingga hilir. Dalam jangka panjang, digitalisasi akan memperluas akses pasar produk perikanan nelayan ke pasar nasional maupun internasional. Bahkan, memotong mata rantai perdagangan ikan yang selama ini terlalu panjang dan kerap merugikan nelayan maupun pembudidaya ikan.

Dalam jangka pendek seperti sekarang ini, digitalisasi akan mendukung upaya pemerintah dan kita semua mencegah penyebaran Covid-19. Organisasi nelayan, asosiasi usaha perikanan, pemerintah dan pemerintah daerah perlu memperkuat kolaborasi untuk mempercepat proses digitalisasi perikanan nasional ini.

Terakhir, Kami menghimbau kepada seluruh anggota untuk tidak menyelenggarakan kegiatan keramaian di kampung-kampung nelayan kita. Kita optimis Indonesia bisa melewati masa-masa sulit seperti sekarang ini dengan baik. Dan, Insya Allah, berbekal ikhtiar memperkuat koperasi nelayan dan digitalisasi usaha perikanan, nelayan Indonesia dapat lebih sejahtera. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa melindungi kita semua. Amiiin.

Selamat Hari Nelayan Nasional

M. Riza Damanik, PhD
Ketua Umum KNTI