Pelatihan Vocation bagi Usaha Mikro di Sektor Kuliner, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat

Senin 20 November 2021 adalah hari yang istimewah untuk KPPI Lombok Timur NTB. Beberapa anggota KPPI dapat bertemu dan mengikuti pelatihan Vocational bagi Usaha Mikro di Sektor Kuliner. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM). Kegiatan ditujukan untuk para pelaku usaha mikro, khususnya sektor kuliner di Kabupaten Lombok Timur agar mampu bertransformasi digital, serta masuk dalam ekosistem digital melalui penjualan online seperti e-commerce.
Kegiatan yang diadakan di Hotel Puri Saron Segigi ini memberikan banyak manfaat untuk anggota KPPI. Adaptasi, inovasi dan kolaborasi adalah kunci yang harus dimiliki pelaku usaha mikro sektor kuliner agar dapat beradaptasi di era pandemi seperti sekarang. Ditambah lagi adanya tantangan globalisasi di era industri 4.0 ditandai dengan munculnya berbagai jenis teknologi-teknologi baru.
Meski materi ini sangat baru untuk para perempuan nelayan, terutama pada pengenalan materi tentang SEO banyak anggota KPPI yang tak paham, namun mereka sangat antusias untuk belajar bersama. Ada 25 anggota KPPI yang ikut pelatihan, dengan berbagai produk olahan hasil laut. Mereka berharap dapat memperoleh manfaat dari ilmu baru serta dapat menjalin kolaborasi antar sesama pelaku usaha mikro untuk berperan dalam pemulihan ekonomi lokal khususnya di Lombok timur Nusa Tenggara Barat. Mereka juga berharap adanya binaan lanjutan, agar bisa memahami cara pemasaran marketing online dan mempraktikkan untuk produknya.

Olahan hasil laut KPPI Lombot Timur
Olahan hasil laut, KPPI Lombok Timur