Kunjungan KEMENKOP UKM RI dI Teluk Ekas Jerowaru Lombok Timur

Sabtu, 20 November 2021 adalah hari yang bersejarah untuk KPPI dan KNTI Lombok Timur.Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki melaksanakan kunjungan ke Teluk Ekas yang berada di kecamatan Jerowaru, Lombok Timur. Kedatangan Kemenkop UKM RI disambut oleh Bupati Lotim Sukiman Azmy beserta jajaran pejabatnya. Dalam kesempatan ini Sukiman Azmy menyampaikan bahwa perkembangan budidaya lobster di Lotim sangat pesat. Ia menjelaskan Kawasan Budidaya lobster tumbuh pesat di kawasan Teluk Ekas dan Teluk Jukung. Ia juga menuturkan banyak sekali potensi lain yang bisa dikembangkan seperti seperti potensi pariwisata baik pegunungan, laut  maupun pesisir dengan panoramanya yang sangat indah.

Dalam kesempatan kunjungan ini, Menteri Teten berdialog dengan perwakilan masyarakat pembudidaya dan Petambak Garam yang berada dalam kawasan Lombok Timur. Ketua Kesatuan Perempuan Pesisir Indonesia (KPPI) Sri Wahyuni menyampaikan keluhannya terkait harga garam di Lotim yang menurutnya turun drastis. “Banyak petambak garam yang merugi akibat harga garam yang sangat rendah” tuturnya. Ia berharap agar pemerintah membantu memberikan solusi terhadap permasalahan ini. 

Samsul Bahri sebagai pembudidaya lobster juga menuturkan bahwa pembudidaya lobster saat ini mengeluhkan kelangkaan pakan lobster. ” Kami berharap pemerintah bisa mensupport persoalan kelangkaan pakan ini” imbuhnya. 

Dalam kesempatan obrolan bersama Menteri Teten, Ketua DPD KNTI Lotim M. Ory Dedy Sopian menyampaikan ucapan terimakasih atas kunjungan Kemenkop UKM RI di Lotim. “Mewakili KNTI Lotim menyampaikan terimakasih atas kunjungan Bapak Menteri, mudah-mudahan harapan masyarakat nelayan maupun petambak garam serta  potensi laut maupun pariwisata Lotim bisa disupport secara optimal” ujarnya.

Usai berdialog dengan masyarakat setempat, Menteri beserta rombongan, didampingi Bupati Lotim dan para pejabat Lotim melaksanakan peninjauan ke keramba jaring apung dan budidaya rumput laut di Teluk Ekas. Kegiatan Menteri berjalan baik dan dilanjutkan dengan kegiatan lain di Lombok Timur.