Perkuat Perempuan Pesisir, KNTI Bentuk Kesatuan Perempuan Pesisir Indonesia (KPPI)

Rosinah
(Kabid Penguatan Perempuan Nelayan, DPP KNTI)

Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) menginisiasi berdirinya Kesatuan Perempuan Pesisir Indonesia (KPPI) untuk memperkuat kelembagaan perempuan nelayan dan pesisir.

Kabid Penguatan Perempuan Nelayan DPP KNTI Rosinah menjelaskan, lewat kelembagaan organisasi perempuan seperti KPPI, diharapkan, perempuan-perempuan di pesisir bisa mewujudkan apa yang menjadi mimpi bersama tentang kesejahteraan yang adil, baik adil secara ekonomi, adil secara politik dan adil secara social.

Selama ini kerja-kerja ibu-ibu dalam pemenuhan ekonomi, sosial, khususnya oleh perempuan pesisir masih dianggap sebagai kerja-kerja yang bersifat “sekedar membantu suami”, atau masih dianggap sebagai sebuah kewajiban (domistifikasi). Dampaknya, hak-hak dan perlindungan terhadap mereka tidak terpenuhi, termasuk upaya untuk melakukan pemberdayaan.

Sehingga secara politik perempuan-perempuan pesisir harus memiliki kesadaran yang cerdas dan komitmen yang kuat serta terorganisir sebagai satu kekuatan bersama melalui organisasi perempuan.

Foto Bersama KPPI Nusa Tenggara Barat usai menggelar konsolidasi

Konsolidasi KPPI Jawa Timur
Konsolidasi KPPI Jawa Timur
Konsolidasi KPPI Sumatera Utara