Nelayan Tuban Terdampak Pandemi dan Cuaca Ektrem, Perempuan Jadi Tumpuan Keluarga Nelayan

Ikan Asap Olahan Khas Tuban – Doc. KNTI Tuban

Nelayan Kabupaten Tuban selain masih menghadapi dampak covid-19 sejak setahun lalu, awal tahun 2021 ini juga harus dihadapkan dengan musim baratan dan cuaca ekstrim yang mempersulit aktivitas usaha nelayan kecil.

Pembatasan sosial sebagai uapaya pencegahan penularan covid-19 cukup berdampak besar pada sektor perekonomian, kemudian adanya cuaca ektrem sejak awal tahun mengakibatkan nelayan tidak bisa melaut yang pada akhirnya produksi hasil laut menyusut tajam. Kendati produksi hasil laut mengalami penurunan, akan tetapi harga beli ikan dari nelayan cenderung rendah. Hal ini akibat dari adanya pembatasan social yang berdampak kepada aktivitas jual beli ikan dari pedagang kepada konsumen.

Nelayan kecil Kabupaten Tuban cukup di rugikan dengan harga ikan yang cenderung rendah ini,   beruntung bagi sebagian nelayan yang istrinya bisa berjualan di pasar ikan modern “Plaza Ikan Tuban”. Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban pada tahun 2019 mendirikan pasar ikan ini, bertempat di jalan Panglima Sudirman berdekatan dengan desa nelayan Karangsari Tuban. Saat ini ada sekitar 25 orang pedagang aktif yang berjualan, salah satunya ibu Fitriah.  

Plaza Ikan Tuban

Ibu Fitriah dipasar menjual ikan asap, adanya Plaza Ikan Tuban ini dirasakan cukup membantu dalam menjajakan ikan asap tersebut yang mana merupakan olahan khas warga nelayan Tuban. Kendati demikian saat ini jumlah pembeli mengalami penurunan sebagai dampak pandemic, akan tetapi terbilang masih cukup untuk menjadi sumber pemenuhan kebutuhan keluarga nelayan dikala nelayan menghadapi cuaca ektrem.

Ibu Fitriah Pedagang Ikan Asap (Tengah)

Kedepan para pedagang berharap adanya peningkatan manajemen pengelolaan plaza agar penjualan meningkat,  salah satunya dengan mendorong promosi guna lebih mengenalkan ikan asap khas Tuban kepada publik. Kemudian Plaza Ikan Tuban ini kedepan baiknya dapat dikembangkan sebagai destinasi wisata baru di Tuban. Menjadi paket wisata Tuban, dimana setelah berziarah ke Makam Sunan Bonang (wisata religi), para wisatawan di dorong untuk wisata kuliner di Plaza Ikan Tuban.

Koresponden: Kang Mus/ DPD KNTI Tuban