KPPI Batu Bara

KPPI Batu Bara terbentuk pada 21 April 2020, dengan dipelopori oleh SITI SAHARA, perempuan nelayan pesisir Dusun Kuala Sipare, Desa Medang, Kec Medang Deras, Kabupaten Batu Bara. Meski awalnya KPPI belum terbentuk secara resmi, namu para perempuan sudah ada yang bergabung dengan KNTI.

Saat ini KPPI Kabupaten Batu Bara beranggota 30 orang, mereka bergerak bersama untuk meningkatkan perekonomian pesisir dengan penjualan berbagai olahan hasil laut seperti dinsum, abon, nugget dan keripik dari daun Jeruju. Selain itu KPPI Batubara sangat aktif dalam berbagai kegiatan bersama TP PKK.

Mereka berharap dengan adanya KPPI persoalan yang menimpa para perempuan, seperti pernikahan dini, pengangguran, tingginya kasus perceraian, meningkatnya TKW legal maupun ilegal. Persoalan terbesar yang dihadapi adalah rendahnya pendidikan di daerah yang mengakibatkan sulitnya mengakses informasi sehingga rentan menjadi korban eksploitasi seksual dan KDRT.Para perempuan pesisir bermimpi agar perekonomian dan pendidikan bisa semakin membaik, agar persoalan-persoalan yang selama ini bisa dapat teratasi.